Pages

Subscribe:

welcome

burung terbang

Rabu, 01 Februari 2012

Software Untuk Mengakses Internet

    Macam-macam software untuk mengakses World Wide Web (WWW) yaitu :
a. Browser
               Browser adalah sebutan yang diberikan kepada sebuah software yang dipakai untuk mengakses World Wide Web (WWW). WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja.
Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah :
*Netscape navigator/comunicator


*Internet Explorer


*NCSA Mosaic



*Google crhome


* Mozila firevox


*Opera


Software ini yang paling sering dipakai sebab sebagian besar informasi di internet berjenis World Wide Web (WWW) atau di sebut juga website. Contoh browser yaitu Internet Explorer  dan navigator. Browser ini sering disebut juga dengan sebutan Client Tampilan Internet Explorer dan fungsi Tools-nya.
b. IRC Client
    IRC Client adalah singkatan dari Internet Relay Chat yaitu berfungsi untuk membantu kita berbincang-bincang secara langsung (real time) lewat media teks dengan banyak orang diseluruh dunia.
Contoh software IRC Client yang populer yaitu mIRC

c. E-Mail Client
    E-Mail Client adalah sebuah software yang dimanfaatkan untuk membaca, menulis dan mengirim surat elektronik (e-mail). Contoh software E-Mail Client Microsoft Outlock dan netscape Computer

d. Dial Up Networking
Dial Up Networking adalah software kecil yang akan menghubungkan komputer pribadi kita dengan jaringan internet global lewat sebuah Internet Service Provide. Software ini hanya menyuruh kita untuk memasukan nomor telepon, username, dan password yang pada akhirnya ia akan mengirimnya ke ISP supaya kita bisa berhubungan dengan internet.

e. Surfing / Browsing
    Surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau web. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang di tata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam. Karena itu para netter harus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses, karena bila tidak netter akan tersesat ke dalam rimba informasi yang maha luas.


f. Langkah-Langkah dalam Browsing
   a. Klik doubpada icon Internet Explorer
   b. Pastikan nama situs yang akan anda browsing, mis. Situs berita islam eramuslim
   c. Ketikan nama situs tersebut pada kolom address (contoh, www.eramuslim.com)
   d. Tekan 'enter'. atau klik tombol go
   e.  Tunggu beberapa saat hingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis 'Done' di status bar.(tampilannya  akan seperti di bawah ini)
   f. Jika ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, dapat di lakukan dengan cara: klik File pada menu, klik New, dan klik window. Atau dengan menekan tombol Ctrl+N
   g. Jika sudah selesai, Internet Explorer ditutup dengan cara mengklik 'close' pada menu files